Thursday 29 October 2015

Belitung #4: Island Hopping

Agenda trip ke Belitung hari pertama bisa dibaca di bagian satu, bagian dua, dan bagian tiga.
Untuk kegiatan hari kedua gue tulis disini sampai tuntas ya.

Bukan ke Belitung namanya kalau kita gak ikutan yang namanya Island Hopping alias tur keliling pulau-pulau yang berada di perairan Belitung. Kegiatan ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu sebagian teman-teman gue karena selain bisa main di pantai, berenang, kita bisa melihat keindahan alam bawah laut Belitung.

Pagi itu, setelah sarapan di Hotel Bahamas & Resort (review menyusul), dengan diantar bus pariwisata kami pun menuju Pelabuhan Tanjung Kelayang. Dari sini kita akan naik kapal/perahu kayu yang akan mengantarkan kita menuju pulau-pulau ciamik di perairan Belitung. Pulau yang akan kita kunjungi diantaranya adalah Pulau Pasir (tapi sayang karena sedang pasang, kita gak jadi kesini), snorkling, Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar (akhirnya cuma dilewatin doang, gak mampir), dan terakhir Pulau Burung.

Foto bareng-bareng dulu dong biar sah!

Satu persatu kapal rombongan kami mulai gerak maju. Belum begitu jauh, masih kelihatan pantai di belakang.

Kali ini kapal yang kami tumpangi sudah benar-benar di tengah laut. Ini pengalaman pertama gue naik perahu terbuka.
Beruntungnya, gue dan teman-teman satu kapal gak ada yang mabok laut, perjalanan kita jadi riang gembira hahaha.

Kami melewati tumpukan batu raksasa yang menyerupai kepala burung Garuda, wow!

Setelah kapal kami berputar-putar cukup lama, akhirnya sampai juga di spot snorkling. Gue sendiri memutuskan
untuk gak ikutan dan memilih jadi tukang foto hehehe...

Teman-teman gue seru-seruan buat formasi dalam air gitu dan gue diatas kapal fotoin mereka
*disitu kadang saya merasa sedih*

Akhirnya setelah dikompor-komporin suruh nyebur, gue akhirnya luluh juga hahaha...
Ini pertama kalinya sepanjang hidup, gue berani nyemplung ke kolam, eh bukan ini laut malah!!!
Walaupun udah pakai pelampung tetap aja gue parno, untung aja ada teman-teman gue yang bantuin.

Gue gak bisa lama-lama lihat kebawah karena masalah pernafasan hahaha.. tapi gue bahagia banget deh ah.
Selain akhirnya gue berhasil mengalahkan rasa takut untuk nyebur ke laut, walaupun cuma dua detik gue senang bisa lihat
ikan-ikan berenang dan terumbu karang warna-warni. Mendadak gue nyesel kenapa gak dari dulu belajar berenang T.T

Teman gue yang berhasil nyelam di kedalaman 4 meter.

Setelah puas snorkling, kita naik ke kapal lagi dan mulai merapat ke Pulau Lengkuas untuk makan siang.
Berhubung mercusuarnya sedang direnovasi, kita jadi gak bisa naik ke atas.

Sehabis makan siang, kita jalan-jalan di sekitaran pulau sampai akhirnya nemuin spot foto yang ciamik!

Fotonya kelihatan mendung ya, padahal terik banget.
Setelah puas bermain-main di Pulau Lengkuas ini, kita kembali ke kapal untuk mengunjungi pulau selanjunya yaitu Pulau Burung, namun sayang karena kita semua udah pada kecapean jadinya gak lama-lama juga disini.

Hari ke dua ini ditutup dengan tidur sore di hotel, setelahnya dilanjutnya makan makan (seafood) dan beli oleh-oleh kayak kerupuk ikan, terasi, lada, serta macam pernak-pernik. Untuk pernak-pernik macam gantungan kunci, magnet kulkas, dan kerajinan tangan gitu harganya mulai dari Rp 10.000,- cukup mahal sih jika dibandingkan benda serupa yang dijual di Bali, Jogja, atau kota wisata lainnya.

Cerita Selanjutnya: Review Hotel Bahamas & Resort serta Kuliner Belitung yak!
semoga belum bosan hehehe...